Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak

Soal Post Test Guru Penggerak Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak

Soal 1

Ki Hadjar Dewantara mengatakan “waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin. Jangan hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut dilaraskan lebih dahulu”\Maksud dari kata “barang-barang” dari pernyataan KHD adalah …

a. sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.*

b. Sebagai simbol untuk Menolak pengaruh pengaruh dari luar yang masuk ke bangsa Indonesia yang dapat mengganggu perkembangan bangsa dalam mengahadapi kecakapan abad 21.

c. Sebagai simbol untuk Menggali potensi yang di miliki oleh setiap siswa dalam menuntun perkembangannya dalam berkehidupan bermasyarakat.

d. Sebagai simbol untuk Memfasilitasi siswa dalam mencapai kodrat alam dan kodrat zaman.

e. Sebagai simbol dalam Memanfaatkan semua potensi yang dimiliki siswa untuk mencapai kehidupan yang bermasyarakat dan berbudaya seluas luasnya.


Soal 2

KHD menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. Untuk mencapai hal tersebut anak perlu menemukan kemerdekaanya dalam belajar, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak …

a. Menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.*

b. Memberikan penghargaan dan hukuman kepada anak melalui kegiatan yang dapat menstimulus anak semangat belajar.

c. Melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapaian prestasi anak ketika belajar.

d. Menuntun anak untuk menemukan arah dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.

e. Memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang di telah ditetapkan sebagai capaian kurikulum.


Soal 3

Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…

a. Mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.

b. Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.*

c. Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik

d. Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.

e. Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.


Soal 4

Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …

a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.

b. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis.*

c. Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu.

d. Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.

e. Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.


Soal 5

Pak Sudan mengajar murid kelas 6 sudah sejak tahun 2020, murid-murid di kelas pak Sudan tampak begitu semangat mengikuti pembelajaran. Program pembelajaran yang dilaksanakan oleh pak Sudan sudah menerapkan pembelajaran yang melibatkan seluruh anak aktif mengikuti pembelajaran dan sudah meintegrasikan penumbuhan karakter anak dalam pembelajaran tersebut. Namun pak Sudan belum melihat perkembangan kecerdasan budi pekerti anak yang begitu signifikan, apa yang harus dilakukan oleh pak Sudan agar anak dapat mewujudkan pencapaian kecerdasan budi pekerti anak yang maksimal ..

a. Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.*

b. Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.

c. Selalu mengingatkan anak pentingnya kecerdasan budi pekerti sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.

d. Mengikutsertakan anak dalam program ekstrakurikuler yang dapat menstimulus anak untuk mengembangkan kecerdasan budi pekertinya.

e. Menugaskan anak untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan di lingkungan masing-masing sesuai dengan kultur sosial budayanya.


Soal 6

Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode Wirama, anak mulai menata bagaimana agar masa depannya senantiasa seirama dengan sesama dan semesta. Anak dipaparkan pada keputusan-keputusan mengenai bagaimana menebalkan jati dirinya di tengah masyarakat dan lingkungan. Mereka sadar bagaimana membawa diri sebagai manusia yang merdeka. Mereka sadar betul bahwa ini hidup mereka, ini negara-bangsa-dan tanah air mereka. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?

a. Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.*

b. Guru melanjutkan pendidikan untuk mengakomodasi kebutuhan perkembangan jasmani dan indera mereka yang belum usai, serta mulai fokus dalam menuntun proses berpikir anak agar mereka semakin selaras (seirama) dengan sesamanya dan lingkungannya.

c. Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).

d. Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.


Soal 7

Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah bernalar kritis. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam bernalar kritis…

a. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.*

b. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

c. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.

d. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.


Soal 8

Ibu Dahlia sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Dahlia, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Dahlia adalah…

a. Berpihak kepada peserta didik

b. Kolaboratif

c. Inovatif*

d. Mandiri


Soal 9

Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada kegiatan Pramuka agar bisa menarik minat siswa. Kemudian, Anda menyadari bahwa langkah awal yang diperlukan adalah mengumpulkan data yang dapat menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa adalah masalah.

Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang termasuk dalam rencana Anda mengumpulkan data yang otentik?

a. Membuat penelitian ilmiah mengenai dampak kegiatan Pramuka terhadap kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

b. Membuat survei masyarakat sekitar sekolah mengenai pentingnya Pramuka di lingkungan mereka.

c. Membuat galeri foto-foto kegiatan Pramuka di majalah dinding sekolah

d. Membuat survei dan wawancara guru dan murid mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka*

e. Membuat laporan mengenai dampak kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah


Soal 10

Untuk dapat mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan, maka Kepala Sekolah harus …

a. memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.*

b. mengubah kebiasaan sekolah sesegera mungkin.

c. memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik.

d. meningkatkan sumber daya manusia.

e. mencoba melakukan perencanaan perubahan.


Soal 11

Anda telah melakukan ko-kreasi kesuksesan masa depan mereka secara kontekstual melalui langkah-langkah dalam BAGJA dengan beranjak dari cara berpikir defisit ke cara berpikir aset, menjadi tangguh-pantang menyerah, dan terus meningkatkan efikasi diri dalam memimpin dan mengelola perubahan. Langkahnya yaitu mendefinisikan sekolahnya di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah dan dapat memanfaatkannya dengan baik, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua.

Langkah ini merupakan langkah :

a. Jabarkan Rencana

b. Buat Pertanyaan

c. Gali Mimpi*

d. Atur Eksekusi

e. Ambil Pelajaran


Soal 12

Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada. Hal ini sesuai dengan pernyataan berikut yaitu …

a. mengarahkan perhatian ke arah yang positif.

b. memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.

c. mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.*

d. menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.

e. mendorong tindakan dan perubahan nyata.


Soal 13

Sebagai seorang guru penggerak, Anda diharapkan mampu berdaya dalam menuntun rekan sejawat dalam meningkatkan kompetensinya. Menurut Anda, rencana yang paling tepat untuk mewujudkan hal tersebut adalah?

a. mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar

b. melakukan evaluasi proses terkait pembelajaran yang dilakukan

c. memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya

d. memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat

e. melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya*


Soal 14

Banyak hal positif yang sudah Anda lakukan dalam mengeksekusi prakarsa perubahan diri menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif. Langkah apa yang selanjutnya dapat Anda lakukan agar keberhasilan yang dicapai lebih bermanfaat?

a. Mendokumentasikan tiap langkah kegiatan.

b. Menuliskannya dalam bentuk jurnal.

c. Membuat laporan lengkap kepada Kepala Sekolah

d. Membuat karya tulis untuk memenuhi kebutuhan angka kredit.*

e. Merefleksikan kegiatan yang telah dilakukan dan membagikannya pada komunitas praktisi.


Soal 15

Sebagai seorang guru penggerak, Anda berniat membantu sekolah Anda menciptakan sekolah ramah anak. Anda menyusun rencana dalam sebuah urutan langkah perubahan. Anda kemudian berencana untuk menerapkan "inkuiri apresiatif" yang menyeluruh untuk mengetahui hal-hal di sekolah yang dapat mendukung terwujudnya sekolah ramah anak.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke langkah berikutnya dalam rencana perubahan yang Anda susun adalah ….

a. Apa saja kekuatan sekolah saat ini yang dapat membantu mewujudkan sekolah ramah anak?

b. Mengapa sekolah ramah anak perlu diwujudkan?

c. Berapa lama program sekolah ramah anak ini akan dijalankan?

d. Siapa saja yang akan terlibat dalam program sekolah ramah anak ini?

e. Apa yang dipahami oleh komunitas sekolah sebagai sekolah ramah anak?*


Soal 16

Berikut ini merupakan penerapan disiplin positif yang paling tepat adalah…

a. Ibu Wati selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab serta menghargai dirinya sebagai teladan bagi murid-murid Anda.*

b. Pak Budi selalu hadir tepat waktu di sekolah karena menjadi guru yang berprestasi dan untuk menghindari teguran yang biasanya diberikan oleh kepala sekolah.

c. Ibu Kokom selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin memberikan teladan yang baik untuk peserta didiknya dan agar terhindar dari teguran kepala sekolah.

d. Ibu Rahma selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin menghindari ketidaknyamanan atau hukuman dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

e. Pak Rudi selalu hadir tepat waktu di sekolah karena mendapatkan penghargaan guru berprestasi di sekolahnya serta yakin bahwa tindakannya sebagai pemimpin pembelajaran akan jadi panutan di lingkungan sekolahnya.


Soal 17

Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas. Anda menemukan murid Anda di kelas sebagian besar kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Anda. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:

1) Memberikan penguatan positif atau bujukan kepada murid agar murid yang kurang bersemangat dapat mengikuti setiap aktivitas pembelajaran di kelas dengan baik

2) Mengadakan program rewards untuk murid yang berprestasi

3) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan semangat belajar murid

4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-[oster nilai kebajikan tentang semangat belajar

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?

a. 3 dan 4*

b. 2 dan 4

c. 1 dan 2

d. 2 dan 3

e. 1 dan 3


Soal 18

Pada saat kelas Matematika, Ami terlihat sibuk mengobrol dengan Uti dan sama sekali tidak memperhatikan Pak Hadi yang sedang menjelaskan. Kemudian Pak Hadi berkata: “Ami, Uti, ayolah, bagaimana sih kalian. Kemarin kalian sudah janji ke bapak bukan, kenapa mengobrol lagi pada saat bapak sedang menjelaskan? (sambil tertawa ringan). Ya, sudah tidak apa-apa, duduk dulu sana. Nanti Pak Guru bantu. Kamu ini.” (sambil senyum-senyum).

Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh Pak Hadi dalam pendekatannya kepada Ami dan Uti?

a. Pemantau

b. Manajer

c. Teman*

d. Penghukum

e. Pembuat merasa bersalah


Soal 19

Sisi kedua dari segitiga restitusi adalah validasi tindakan yang salah. Setiap tindakan kita dilakukan dengan suatu tujuan, yaitu memenuhi kebutuhan dasar. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan untuk memvalidasi kebutuhan anak:

1) “Apa nilai-nilai umum yang kita telah sepakati?”

2) “Apakah kamu sedang menjadi teman yang baik buat dirimu sendiri?”

3) “Kamu patut bangga pada dirimu sendiri karena kamu telah melindungi sesuatu yang penting buatmu”.

4) “Kamu boleh mempertahankan sikap itu, tapi kamu harus menambahkan sikap yang baru.”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih, agar bisa memvalidasi kebutuhan mereka?

a. 1 dan 2

b. 1 dan 4

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 3 dan 4*


Soal 20

Anda memahami bahwa budaya positif di kelas memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid. Anda berkeinginan untuk mewujudkan budaya positif ini di lingkungan sekolah secara keseluruhan.

Selanjutnya Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif ini di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) berbagi pemahaman dan diskusi dengan komunitas belajar di sekolah tentang budaya positif

2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid

3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas

4) mempraktikkan segitiga restitusi di kelas secara mandiri

Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a. 1 dan 2

b. 1 dan 4

c. 1 dan 3*

d. 2 dan 4

e. 2 dan 3

Posting Komentar untuk "Soal Post Test Modul 1 Guru Penggerak"