Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Post Test Guru Penggerak

soal post test calon guru penggerak

 Soal Post Test Calon Guru Penggerak

1. Ibu Kinanti sebagai Guru Penggerak senantiasa memunculkan gagasan segar dan tepat guna. Ia juga pantang menyerah serta jeli melihat peluang/potensi yang ada di sekitarnya untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran murid.

Berdasarkan apa yang dilakukan oleh Ibu Kinanti, Nilai Guru Penggerak yang dimiliki oleh Ibu Kinanti adalah…

a. Berpihak kepada peserta didik

b. Kolaboratif

c. Mandiri

d. Inovatif

Jawaban: Inovatif


2. Ki Hadjar Dewantara mengatakan “waspadalah, carilah barang-barang yang bermanfaat untuk kita, yang dapat menambah kekayaan kita dalam hal kultur lahir atau batin. Jangan hanya meniru. Hendaknya barang baru tersebut dilaraskan lebih dahulu”. Maksud dari kata “barang-barang” dari pernyataan KHD adalah …

a. Sebagai simbol untuk Menggali potensi yang di miliki oleh setiap siswa dalam menuntun perkembangannya dalam berkehidupan bermasyarakat.

b. sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

c. Sebagai simbol untuk Memfasilitasi siswa dalam mencapai kodrat alam dan kodrat zaman.

d. Sebagai simbol dalam Memanfaatkan semua potensi yang dimiliki siswa untuk mencapai kehidupan yang bermasyarakat dan berbudaya seluas luasnya.

e. Sebagai simbol untuk Menolak pengaruh pengaruh dari luar yang masuk ke bangsa Indonesia yang dapat mengganggu perkembangan bangsa dalam mengahadapi kecakapan abad 21.

Jawaban: sebagai simbol dari tersedianya hal-hal yang dapat ditiru, namun selalu menjadi pertimbangan dan memiliki potensi-potensi kultural yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar.


3. Learning Management System (LMS) yang anda ketahui adalah...

a. Perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.

b. Perangkat lunak pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah menggunakan internet.

c. Perangkat pembelajaran antara siswa dan guru dalam liingkungan online

d. Perangkat pembelajaran yang dirancang antara siswa dan guru pada masa pandemi Covid-19

e. Pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan online dimana interaksi siswa dan guru terjadi

Jawaban: Perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran.


4. Pak Rama mengajar murid kelas 6 sudah sejak tahun 2015. Murid-murid di kelas pak Rama tampak begitu semangat mengikuti pembelajaran. Program pembelajaran yang dilaksanakan oleh pak Rama sudah menerapkan pembelajaran yang melibatkan seluruh anak aktif mengikuti pembelajaran dan sudah meintegrasikan penumbuhan karakter anak dalam pembelajaran tersebut. Namun pak Rama belum melihat perkembangan kecerdasan budi pekerti anak yang begitu signifikan, apa yang harus dilakukan oleh pak Sudan agar anak dapat mewujudkan pencapaian kecerdasan budi pekerti anak yang maksimal ..

a. Mengikutsertakan anak dalam program ekstrakurikuler yang dapat menstimulus anak untuk mengembangkan kecerdasan budi pekertinya.

b. Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.

c. Selalu mengingatkan anak pentingnya kecerdasan budi pekerti sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang lebih baik.

d. Menyusun budaya sekolah yang menstimulus anak untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan kecerdasan budi pekerti bagi anak.

e. Menugaskan anak untuk mengikuti kegiatan kemasyarakatan di lingkungan masing-masing sesuai dengan kultur sosial budayanya.

Jawaban: Mengadakan kegiatan parenting untuk membangun kerjasama dengan orang tua bahwa keluarga merupakan tempat yang penting dalam menumbuhkan kecerdasan budi pekerti anak.


5. Pemberian materi kepada orang dewasa membutuhkan waktu untuk diterima oleh otak dan berpengaruh pada antusiasme belajar orang dewasa. Pemberian jeda/ waktu ini biasa disebut….

a. Discovery Learning

b. Space learning

c. Active learning

d. Over learning

e. Reinforcement

Jawaban: Space learning


6. Berikut ini merupakan penerapan disiplin positif yang paling tepat adalah…

a. Ibu Galuh selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin memberikan teladan yang baik untuk peserta didiknya dan agar terhindar dari teguran kepala sekolah.

b. Ibu Rana selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab serta menghargai dirinya sebagai teladan bagi murid-murid Anda.

c. Pak Rama selalu hadir tepat waktu di sekolah karena menjadi guru yang berprestasi dan untuk menghindari teguran yang biasanya diberikan oleh kepala sekolah.

d. Ibu Kinan selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin menghindari ketidaknyamanan atau hukuman dan ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

e. Pak Sanjaya selalu hadir tepat waktu di sekolah karena mendapatkan penghargaan guru berprestasi di sekolahnya serta yakin bahwa tindakannya sebagai pemimpin pembelajaran akan jadi panutan di lingkungan sekolahnya.

Jawaban: Ibu Rana selalu hadir tepat waktu di sekolah karena ingin berusaha menjadi orang yang bertanggung jawab serta menghargai dirinya sebagai teladan bagi murid-murid Anda.


7. Anda seorang guru di sebuah Sekolah Dasar. Anda akan membuat sebuah perubahan dengan menggunakan pola pikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Anda ditunjuk Kepala Sekolah menjadi penanggung jawab kegiatan pelepasan siswa Kelas VI. Anda mempunyai waktu 4 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Apa yang akan Anda lakukan pertama kali?

a. Meminta Kepala Sekolah untuk mengumpulkan semua guru dan mendiskusikan pembagian tugas sesuai kemampuannya.

b. Menunjuk anak yang melakukan pentas seni dan menyewa pakaian untuk penampilan serta melatihnya.

c. Mencari pelatih seni untuk membimbing pertunjukkan.

d. Mengadakan rapat orang tua untuk penggalangan dana.

e. Mengumpulkan siswa kelas 1 s.d kelas 5 untuk membersihkan tempat yang akan digunakan.

Jawaban: Meminta Kepala Sekolah untuk mengumpulkan semua guru dan mendiskusikan pembagian tugas sesuai kemampuannya.


8. Menurut KHD Pendidikan anak sejatinya menuntut anak untuk mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan alam dan zamannya. Maksud dari penyataan tersebut adalah…

a. Mewujudkan anak yang unggul dalam hal pengusaan teknologi dan pengetahuan masa kini yang semakin canggih.

b. Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.

c. Pembelajaran hendaknya mengadopsi kemajuan teknologi dari luar sebagai sebuah tantangan kebutuhan abad 21.

d. Pendidikan harus mewujudkan anak yang memiliki kecerdasan akademik dan non akademik

e. Kemampuan anak harus berpegang teguh pada kebudayaan yang berlaku yang tidak terpengaruh dengan budaya asing.

Jawaban: Pendidikan menjadikan anak memiliki karakter sesuai kultur sosial budaya daerahnya dengan mengedepankan kebutuhan kompetensi masa kini.


9. KHD menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya. Untuk mencapai hal tersebut anak perlu menemukan kemerdekaanya dalam belajar, untuk itu posisi guru di dalam kelas harus bertindak …

a. Menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.

b. Menuntun anak untuk menemukan arah dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan.

c. Memastikan pencapaian anak dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan yang di telah ditetapkan sebagai capaian kurikulum.

d. Melaksanakan evaluasi pembelajaran yang selalu menilai kesesuaian pencapaian prestasi anak ketika belajar.

e. Memberikan penghargaan dan hukuman kepada anak melalui kegiatan yang dapat menstimulus anak semangat belajar.

Jawaban: Menyusun program pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh anak secara menyeluruh sehingga menjadikan anak yang berprestasi.


10. Anda baru saja ditugaskan menjadi seorang Pembina ekskul Pramuka di sekolah. Lewat penyelidikan mandiri, Anda menghadapi tantangan yaitu menurunnya tingkat partisipasi siswa di sekolah terhadap kegiatan Pramuka. Siswa lebih tertarik pada kegiatan lain seperti olahraga dan seni. Menurut Anda, banyak hal yang harus dibenahi pada kegiatan Pramuka agar bisa menarik minat siswa. Kemudian, Anda menyadari bahwa langkah awal yang diperlukan adalah mengumpulkan data yang dapat menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi siswa adalah masalah.

Dari daftar tindakan di bawah ini, manakah yang termasuk dalam rencana Anda mengumpulkan data yang otentik?

a. Membuat survei dan wawancara guru dan murid mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka

b. Membuat galeri foto-foto kegiatan Pramuka di majalah dinding sekolah

c. Membuat survei masyarakat sekitar sekolah mengenai pentingnya Pramuka di lingkungan mereka.

d. Membuat laporan mengenai dampak kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di sekolah

e. Membuat penelitian ilmiah mengenai dampak kegiatan Pramuka terhadap kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

Jawaban: Membuat survei dan wawancara guru dan murid mengenai minat Ekstrakulikuler Pramuka


11. Manakah dari sikap berikut yang harus dihindari oleh fasilitator

1. Tidak diskriminatif

2. Mengarahkan/mengajari

3. Memberikan harapan berlebihan

4. Sabar dan tidak merendahkan orang lain

5. Menjadi teladan yang baik

a. 1 dan 4

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 2 dan 3

e. 3 dan 5

Jawaban: 2 dan 3


12. Sistem LMS ini bisa membantu para guru dalam...

a. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, melakukan absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis keberhasilan siswa, dan melakukan kuis.

b. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola blog, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis keberhasilan siswa, dan melakukan kuis.

c. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal test, dan melakukan kuis.

d. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola blog, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal, dan melakukan kuis.

e. Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, membuat transkrip nilai, analisis keberhasilan siswa, berdiskusi dan melakukan kuis.

Jawaban: Mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas pembelajaran siswa, mengelola nilai, merekapitulasi absensi, menampilkan transkrip nilai, berdiskusi, analisis soal test, dan melakukan kuis.


13. Anda sudah menyusun sebuah rencana perubahan dan melakukan Aksi Nyata dengan mengidentifikasi dan mengapresiasi yang terbaik dari apa yang telah ada. Hal ini sesuai dengan pernyataan berikut yaitu …

a. mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.

b. menggunakan pola pendekatan berbasis kekuatan.

c. mendorong tindakan dan perubahan nyata.

d. memusatkan perhatian pada tujuan/ keinginan.

e. mengarahkan perhatian ke arah yang positif.

Jawaban: mengungkap fakta yang positif dari anggota komunitas yang telah dilakukan sekolah.


14. Siapakan tokoh yang pertama kali menggunakan istilah andragogi untuk merujuk pada konsep Pendidikan Orang Dewasa

a. Eduard Lindeman

b. Malcom Knowles

c. Paulo Freire

d. Alexander Kapp

e. Eugen Rosenstock-Huessy

Jawaban: Alexander Kapp


15. Learning Management System yang sering digunakan di pembelajaran...

a. Moodle, Schology, Google Classroom, Library

b. Moodle, Schology, Yahoo Classroom, Blackboard

c. Moodle, Schology, Google Classroom, Blackboard

d. Moodle, Schology, Google Classroom, Wiki

e. Moodle, Website, Google Classroom, Blackboard

Jawaban: Moodle, Schology, Google Classroom, Blackboard


16. Berikut adalah yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah...

a. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran online dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

b. Biaya untuk menggunakan LMS lebih murah dibandingkan proses pembelajaran tatap muka.

c. Memudahkan aktifitas kuliah seperti Quiz, tugas, upload materi, interactive discussion

d. Satu-satunya pembelajaran online selama pandemi COVID-19

e. Pembelajaran yang dirancang dengan fleksibel tanpa terbatas waktu dan ruang yang diakses dengan mudah.

Jawaban: Satu-satunya pembelajaran online selama pandemi COVID-19


17. Dalam aksi nyata, Anda diminta menerapkan pemahaman Anda terkait budaya positif di kelas atau di sekolah. Anda menemukan murid-murid Anda di sekolah kepeduliannya terhadap sesama masih kurang. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang mungkin dapat dilakukan:

1) Menciptakan Program Kebajikan yang berkaitan dengan peduli dan empati

2) Memberikan penguatan positif atau bujukan agar murid-murid yang kurang berempati dapat bersikap baik kepada teman-temannya di sekolah

3) Memberikan tanda bintang untuk murid yang memiliki sikap yang baik

4) Pembentukan keyakinan Kelas melalui poster-poster nilai kebajikan kepedulian/empati

Berdasarkan aktivitas/program di atas, program aksi nyata mana yang Anda akan pilih agar murid Anda dapat belajar dengan aman dan nyaman?

a. 1 dan 4

b. 1 dan 2

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 2 dan 3

Jawaban: 1 dan 4


18. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan komponen utama dalam memfasilitasi:

1. Memberikan langkah-langkah praktis yang memudahkan peserta melakukan sesuatu

2. Memberikan petunjuk yang rumit untuk menyelesaikan masalah atau tugas yang dihadapi

3. Memampukan peserta untuk mengungkapkan pandangan tentang masalah yang mereka hadapi bersama

4. Menyampaikan berbagai konsep secara abstrak dan teoritis

5. Memampukan peserta untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi bersama.

a. 2 dan 4

b. 1, 2 dan 3

c. 1 dan 2

d. 4 dan 5

e. 1 dan 4

Jawaban: 2 dan 4


19. Anda memahami bahwa budaya positif di sekolah memberikan manfaat yang penting dalam mewujudkan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi murid.

Anda berencana melakukan tindak lanjut dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda. Cermati pilihan rencana tindak lanjut berikut.

1) melakukan kolaborasi yang baik dengan rekan sejawat dalam membuat program-program kebajikan universal

2) melakukan kolaborasi yang baik dengan Kepala Sekolah dalam membuat peraturan dan konsekuensi yang disepakati murid

3) berbagi pengalaman dan pembelajaran selama mempraktikkan aksi nyata budaya positif di kelas

4) membuat program keyakinan kelas di sekolah secara mandiri

Menurut Anda, rencana mana yang baik dalam mewujudkan budaya positif di sekolah Anda?

a. 1 dan 3

b. 1 dan 2

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 1 dan 4

Jawaban: 1 dan 3


20. Lintang tidak mengerjakan tugas. Kemudian terjadilah percakapan Lintang dan gurunya, sebagai berikut:

Guru: “Lintang, tahukah kamu kalau hari ini ada tugas yang harus dikumpulkan?”

Lintang: “Tahu Pak!”

Guru: “Kamu tidak mengerjakan tugas, apakah kamu sudah mengerti konsekuensi yang harus dilakukan bila tidak mengerjakan tugas?”

Lintang: “Paham Pak, saya harus tinggal kelas pada jam istirahat nanti dan mengerjakan tugas ketertinggalan saya.”

Guru: “Ya, benar, nanti pada saat jam istirahat kamu harus tinggal di kelas untuk menyelesaikan tugas yang harus dikumpulkan. Saya tunggu”

Berdasarkan kasus tersebut, posisi kontrol apa yang diambil oleh guru dalam pendekatannya kepada Lintang?

a. Pemantau

b. Teman

c. Penghukum

d. Pembuat merasa bersalah

e. Manajer

Jawaban: Pemantau


21. Berikut adalah yang termasuk pada fitur LMS adalah

a. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog

b. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Blog, serta Fitur Gform

c. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Gform

d. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Blog, serta Fitur Gform

e. Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Luring (offline), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Video Conference

Jawaban: Tampilan /User Interface (UI) yang Mudah Digunakan, Pendaftaran Bisa dengan Online, Kelas Daring (online), dan Fitur Forum Diskusi, serta Fitur Blog


22. Sebagai seorang guru penggerak, Anda diharapkan mampu berdaya dalam menuntun rekan sejawat dalam meningkatkan kompetensinya. Menurut Anda, rencana yang paling tepat untuk mewujudkan hal tersebut adalah?

a. memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi rekan sejawat

b. memberikan arahan dan refleksi dari praktik profesionalnya

c. mengadakan dialog dengan rekan sejawat untuk menumbuhkan budaya belajar

d. melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya

e. melakukan evaluasi proses terkait pembelajaran yang dilakukan

Jawaban: melakukan refleksi dan berbagi pengalaman praktik profesionalnya


23. Untuk dapat mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan, maka Kepala Sekolah harus …

a. mengubah kebiasaan sekolah sesegera mungkin.

b. memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.

c. meningkatkan sumber daya manusia.

d. mencoba melakukan perencanaan perubahan.

e. memberikan apresiasi atas hal yang sudah berjalan baik.

Jawaban: memahami dan menemukan hal positif dari warga sekolah untuk dikembangkan.


24. Bagian dasar dari segitiga restitusi bertujuan untuk mengubah identitas anak dari orang yang gagal karena melakukan kesalahan menjadi orang yang sukses. Berikut ini adalah kalimat yang mungkin dapat dikatakan pada anak:

1) “Bapak/Ibu tidak tertarik mencari siapa yang salah, tapi Bapak/Ibu ingin mencari solusi dari permasalahan ini”.

2) “Kita bisa menyelesaikan ini”.

3) “Kamu pasti punya alasan mengapa melakukan hal itu”

4) “Kamu mau jadi orang yang seperti apa?”

Kalimat mana yang paling tepat Anda pilih untuk meyakinkan anak agar ia menjadi reflektif?

a. 1 dan 4

b. 3 dan 4

c. 2 dan 3

d. 1 dan 2

e. 2 dan 4

Jawaban: 1 dan 2


25. Anda telah melakukan ko-kreasi kesuksesan masa depan mereka secara kontekstual melalui langkah-langkah dalam BAGJA dengan beranjak dari cara berpikir defisit ke cara berpikir aset, menjadi tangguh-pantang menyerah, dan terus meningkatkan efikasi diri dalam memimpin dan mengelola perubahan. Langkahnya yaitu mendefinisikan sekolahnya di masa depan menjadi sekolah yang ramah sampah dan dapat memanfaatkannya dengan baik, serta warga sekolah mempunyai kemampuan untuk melakukan itu semua.

Langkah ini merupakan langkah :

a. Atur Eksekusi

b. Jabarkan Rencana

c. Buat Pertanyaan

d. Ambil Pelajaran

e. Gali Mimpi

Jawaban: Gali Mimpi


26. Budi pekerti merupakan keselarasan (keseimbangan) hidup antara cipta, rasa, karsa dan karya. Pendidik dapat mengembangkan pembelajaran untuk menstimulus budi pekerti anak melalui kegiatan berikut ini, kecuali …

a. Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi karakter baik dan buruk yang ada di lingkungan masyarakat melalui pengamatan.

b. Guru melaksanakan pembelajaran yang melibatkan anak untuk mencari informasi terkait pengetahuan dan penanaman nilai-nilai karakter anak.

c. Guru dan murid sepakat membuat sebuah peraturan yang mengharuskan siswa bekerja sendiri dalam menyelesaikan tugas individu..

d. Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis..

e. Guru melibatkan anak untuk berinteraksi dengan peserta didik yang lain dalam sebuah pembelajaran melalui kegiatan diskusi kelompok.

Jawaban: Guru melakukan penilaian pemahaman anak terkait dengan pengetahuan budi pekerti melalui tes lisan dan tertulis.


27. Anda telah selesai melaksanakan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif. Ide cemerlang dengan kesuksesan ini tentu haruslah bermanfaat. Apa yang akan Anda lakukan kemudian?

a. Menyusun BAGJA sesuai langkahnya.

b. Melaporkannya kepada Kepala Sekolah.

c. Menyusun sebuah refleksi melalui teknik 4P/4F dan mendiseminasikan kepada komunitas.

d. Meminta masukan/kritik dari teman.

e.Membuat dokumentasi hasil Aksi Nyata agar rapi.


28. Ki Hadjar Dewantara meyakini bahwa proses belajar harus selaras dengan kodrat anak. Pada tiap periode usia anak memiliki kekhususan yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam proses belajar. Pada periode usia Wiraga, jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali. Dengan demikian, mereka harus banyak bergerak (melatih otot kasar/besar), melatih otot halus, mengeksplorasi indera mereka (pendengaran, perasa, pengecap, penciuman, peraba, termasuk imajinasi), dan mengenali simbol-simbol. Apa yang sebaiknya guru lakukan pada periode ini?

a. Guru berupaya mengembangkan seluruh potensi anak, karena pada periode ini jasmani (raga) dan indera anak tumbuh pesat sekali.

b. Guru menuntun anak untuk melakukan, membiasakan, menginsyafi, hingga akhirnya menyadari mengapa mereka (misalnya) melakukan kebiasaan baik yang mereka lakukan di sekolah, bukan sekedar menuruti/mengikuti suatu aturan/kebiasaan saja.

c. Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).

d. Guru menuntun dan menantang anak dalam hal pengelolaan diri dan pengenalan potensi dirinya.

Jawaban: Guru berupaya fokus pada pemberian akses dan penyediaan pengalaman belajar agar anak makin merdeka dalam mengeksplorasi “dunia”nya (diri, sesama, dan lingkungan di dekatnya).


29. Dalam konsep andragogi oleh Paulo Freire terdapat beberapa prinsip utama yang dia tekankan. Manakah dari poin di bawah ini yang tidak termasuk dalam prinsip utama andragogi oleh Freire

1. Pentingnya dialog dalam pendidikan

2. Pentingnya praksis sebagai satu kesatuan aksi dan refleksi dalam praktik pendidikan

3. Pentingnya mendorong motivasi belajar orang dewasa secara internal

4. Pentingnya pendidikan hadap masalah yang berlawanan dengan konsep pendidikan ‘bank’

5. Pentingnya usaha pemerdekaan kolektif atau gotong-royong untuk membangun kesadaran kritis

a. 1

b. 5

c. 2

d. 4

e. 3

Jawaban: 3


30. Salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila adalah berkebhinekaan global. Berikut manakah pernyataan di bawah ini yang termasuk ke dalam berkebhinekaan global…

a. Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.

b. Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

c. Murid mampu menyaring informasi, mengolahnya, mencari keterkaitan berbagai informasi, menganalisa serta membuat kesimpulan berdasarkan informasi tersebut.

d. Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk lingkungan di sekitarnya.

Jawaban: Murid mampu berinteraksi secara positif antar sesama, memiliki kemampuan komunikasi interkultural, serta mampu memaknai pengalamannya di lingkungan majemuk sebagai kesempatan pengembangan dirinya.

Silakan baca juga: 

Posting Komentar untuk "Soal Post Test Guru Penggerak"