Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar: Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar

Menu Pelatihan Mandiri yang tersedia pada Platform Merdeka Mengajar terdiri dari bermacam topik yang sudah dikelompokkan ke dalam satu tema pembelajaran. Tema-tema pembelajaran tersebut adalah:

  1. Menciptakan Kelas Merdeka Belajar
  2. Merencanakan Pembelajaran yang Bermakna
  3. Meningkatkan Praktik Mengajar yang Berpusat pada Peserta Didik
Pada tema Menciptakan Kelas Merdeka, topik yang dipelajari diantaranya adalah:
  • Merdeka Belajar: Tujuan pelatihan pada topik ini adalah Memahami peran guru Merdeka Belajar menurut Ki Hajar Dewantara
  • Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid: Tujuan pelatihan pada topik ini adalah memahami cara menciptakan kelas Merdeka Belajar melalui pembelajaran berdiferensiasi.
  • Fasilitator Pembelajaran: Tujuan pelatihan pada topik ini adalah mengetahui bagaimana memfasilitasi pembelajaran aktif dengan murid sebagai pusat pembelajaran.

Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar

Pada tahap akhir pelatihan topik merdeka belajar, guru diminta melakukan aksi nyata terkait dengan pemahaman tentang merdeka belajar. Berikut ini adalah contoh Aksi nyata topik merdeka belajar yang mengambil opsi Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar.

AKSI NYATA

MENYEBARKAN PEMAHAMAN MERDEKA BELAJAR

Topik: merdeka Belajar
Oleh:...................

A. DESKRIPSI

Dalam kegiatan aksi nyata menyebarkan pemahaman Merdeka Belajar, teknik yang digunakan adalah melalui presentasi dan berdiskusi mengenai pemahaman Merdeka Belajar. Para guru yang terlibat adalah guru-guru di TK Tarbiyatul Athfal 01 Krajankulon Kaliwungu. Kegiatan presentasi dan diskusi dilaksanakan secara tatap muka setelah jam sekolah selesai. Tanggapan dari rekan-rekan guru cukup apresiatif dan positif.

B. REFLEKSI

Sebelum kegiatan menyebarkan pemahaman merdeka belajar ini dilakukan, sudah semestinya saya harus memahami terlebih dahulu tentang pengertian dan makna merdeka belajar. Ada perasaan senang dan puas saat melakukannya. Saya belajar banyak hal; mulai dari membuat infografis menggunakan powerpoint dan canva, memilah dan memilih kalimat inti dan penting untuk disampaikan, serta mendapatkan tambahan pemahaman perihal merdeka belajar dari hasil berdiskusi dengan rekan-rekan sejawat.

C. DOKUMENTASI

1. Bahan Presentasi
Presentasi Merdeka Belajar
2. Foto Kegiatan
Dokumentasi aksi nyata merdeka belajar

Dokumentasi aksi nyata menyebarkan pemahaman merdeka belajar


D. UMPAN BALIK

Umpan balik aksi nyata menyebarkan pemahaman merdeka belajar

Feedback aksi nyata menyebarkan pemahaman merdeka belajar

Demikianlah contoh Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar: Menyebarkan pemahaman merdeka belajar yang bisa saya bagikan Semoga bermanfaat.



Posting Komentar untuk "Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar: Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar"