Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Topik Simulasi Mengajar Seleksi Guru Penggerak Jenjang TK

Selamat datang para calon Guru Penggerak Indonesia. Kami ucapkan selamat bagi Anda yang telah lolos seleksi tahap 1 calon Guru Penggerak Jenjang TK. Tahap seleksi berikutnya yang harus anda hadapi adalah kegiatan Simulasi Mengajar dan Wawancara. 

Untuk membantu dalam mempersiapkan seleksi Simulasi Mengajar, berikut ini kami sampaikan beberapa ketentuan yang wajib Anda ketahui.

simulasi mengajar seleksi guru penggerak


Petunjuk Pelaksanaan Simulasi Mengajar Calon Guru Penggerak

A. Petunjuk Umum Seleksi Simulasi Mengajar

  1. Pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar akan dilakukan secara daring (online) dengan aplikasi Google Meet dan tanpa dihadiri oleh murid (Peserta harus memiliki akun Google dan menggunakan browser Chrome).
  2. Seleksi Simulasi Mengajar akan dinilai oleh 2 (dua) asesor.
  3. Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar. Kandidat diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar yang akan diinformasikan melalui aplikasi SIMPKB.
  4. Peserta menyiapkan hal berikut untuk mengikuti seleksi Simulasi Mengajar sebagai berikut: a. Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang baik, dan tersedia akses listrik dan internet (asesor berhak menghentikan seleksi jika dilakukan di lokasi yang tidak cocok seperti: di dalam angkutan umum atau tempat umum yang terlalu berisik) b. Alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: rencana pembelajaran, papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll) c. Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet d. Komputer/Laptop/perangkat elektronik dengan Kamera Video dan Speaker/Microphone yang baik e. Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar kandidat secara penuh/seluruh badan dalam pelaksanaan simulasi dan menangkap suara dengan baik. (lihat contoh tampilan kandidat)
  5. Melakukan latihan panggilan video melalui Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.
  6. Calon peserta diharapkan berdiri saat melakukan simulasi mengajar.

B. Petunjuk Khusus Pelaksanaan Simulasi Mengajar

  1. Peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia sesuai mata pelajaran dan jenjang melalui tautan berikut: http://bit.ly/TopikSMPP (untuk jenjang TK terlampir di bawah postingan ini)
  2. Topik mengajar untuk guru mata pelajaran bahasa daerah, TIK, dan Agama bisa dipilih berdasarkan kurikulum yang dipergunakan di masing-masing sekolah/jenjang.
  3. Guru mata pelajaran bahasa asing/bahasa daerah wajib menggunakan bahasa Indonesia dalam memberikan instruksi pembelajaran (80% bahasa Indonesia, 20% bahasa asing/daerah).
  4. Siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk durasi 10 menit dan unggah melalui portal Guru Berbagi https://gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id/ sesuai jadwal yang ditentukan, sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. 
  5. RPP yang diunggah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud no 14 tahun 2019, RPP yang diunggah berisi tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian (assessment) pembelajaran.
  6. Karena pembelajaran akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar. Penilaian pembelajaran wajib disiapkan oleh peserta seleksi walau tidak dilakukan dalam simulasi mengajar.
  7. Jadwal pelaksanaan simulasi mengajar dan tautan Google meet akan diberikan melalui aplikasi SIMPKB melalui dash board seleksi simulasi mengajar. Ikutilah seleksi simulasi mengajar sesuai jadwal yang diberikan.
  8. Di awal proses seleksi, asesor akan melakukan konfirmasi nama dan instansi tempat guru mengajar.
  9. Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.
  10. Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat murid-murid yang mengikuti proses pembelajaran di kelas tersebut.
  11. Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pengajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.
  12. Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim Asesor.
  13. Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh Tim Seleksi/Asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.

Jika terjadi kendala teknis dalam pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar silahkan laporkan kepada Tim Pemantau atau melalui e-mail guru.penggerak@kemdikbud.go.id.

C. Unsur Penilaian Simulasi Mengajar Seleksi Guru Penggerak

Kompetensi 1 : Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman.

Guru menggunakan strategi komunikasi yang positif dan efektif melalui instruksi-instruksi yang sesuai dengan karakteristik murid serta bagaimana kepercayaan diri guru dalam memimpin pembelajaran.

Kompetensi 2 : Mendesain, memandu, dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif

Guru memandu pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran dan digunakannya contoh maupun alat peraga dalam memimpin pembelajaran, perencanaan penilaian pembelajaran serta hubungannya dengan tujuan pembelajaran.

Kompetensi 3 : Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self-regulated learning).

Guru melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan.

D. Pilihan Topik Simulasi Mengajar CGP Jenjang TK

Untuk materi simulasi mengajar jenjang SD, SMP, dan SMA silakan unduh di sini


Pilihan Topik Simulasi Mengajar
   
Seleksi Guru Penggerak Jenjang TK   
No. Topik Simulasi Keterangan/Deskripsi
1    
Aku sayang binatang, tanaman dan makhluk ciptaan Tuhan
   Membiasakan anak TK untuk berperilaku menyayangi binatang, tanaman dan mahluk   Ciptaan Tuhan dan mengenal Tuhan melalui CiptaanNya
2 Adab Anak Yang Baik Pembiasaan berperilaku baik dan santun bagi anak TK
3 Aku Anak Sehat Bebas Corona! Memiliki sikap dan terbiasa berperilaku Hidup Bersih, Sehat, dan   Aman (PHBSA)
4 Makanan sehat & Bergizi Mengenalkan tentang jenis-jenis makanan sehat dan bergizi serta   pembiasaan anak untuk menyenangi makanan sehat dan bergizi
5 Mengenal Keaksaraan Awal Melalui Bermain Mengenalkan huruf dan angka kepada anak melalui kegiatan bermain
6 Aku seorang Ilmuwan Cilik! Membiasakan anak belajar dan memecahankan masalah, berpikir   logis, dan berfikir simbolik
7    
Pengenalan tiga kata ajaib (Tolong, maaf dan   Terimakasih)   
Menumbuhkan kesadaran diri anak, menanamkan rasa tanggung jawab   untuk diri sendiri dan orang lain, dan memiliki sikap perilaku prososial
8    
Hobby-ku (Mengenali kebutuhan, keinginan dan minat   diri)   
Menumbuhkan kesadaran diri anak, menanamkan rasa tanggung jawab   untuk diri sendiri dan orang lain, dan memiliki sikap perilaku prososial
9 Bermain musik & gerak kreatif Membiasakan anak untuk melakukan aktivitas seni melalui gerak   dan lagu
10 Ini Karyaku! Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni dan membuat karya   seni sesuai kreativitasnya misalnya seni musik, gerak, visual atau gerak tari   yang dihasilkannya
www.tamanPAUD.com


Silakan pilih salah satu topik/materi di atas dan buatlah RPP sesuai dengan topik yang sudah anda pilih.

Semoga sukses semuanya menjadi Guru Penggerak Indonesia! 

Post a Comment for "Topik Simulasi Mengajar Seleksi Guru Penggerak Jenjang TK"