Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Spoiler] Bocoran Soal PPPK Guru 2021 dan Pembahasan

Selamat datang para pejuang ASN 2021. Pelaksanaan tes seleksi calon guru ASN PPPK Guru Tahun 2021 sudah memasuki hari kedua. Beberapa laporan dari teman-teman yang sudah selesai menempuh tes seleksi PPPK Guru 2021 banyak tersebar di grup-grup telegram dan whatsapp yang saya ikuti. Berikut ini saya bagikan beberapa bocoran soal dan tips trik mengerjakan soal tes seleksi PPPk Guru tahun 2021. 

Tes seleksi kompetensi PPPK Guru 2021 terbagi menjadi 3 tahap, yaitu:

1. Tes kompetensi manajerial dan sosio-kultural sejumlah 45 soal dengan alokasi waktu 40 menit. 

2. Tes wawancara 10 soal pilihan ganda dengan alokasi waktu 10 menit. 

3. Tes kompetensi teknis sejumlah 100 soal dengan alokasi waktu 120 menit. 

Pelaksanaannya terpisah sendiri-sendiri tiap bagian. Total soal sebanyak 170 soal dengan waktu 155 menit.

Passing Grade PPPK Guru Tahun 2021

Passing grade PPPK Guru 2021

Tips dan Trik Mengerjakan Soal PPPK Guru 2021

Soal tes kompetensi manajerial dan sosio-kultural tidak terlalu sulit, soalnya hampir sama dengan di contoh-contoh soal yang tersebar di pdf dan youtube. Diantaranya tentang skala sikap sangat setuju, setuju, tidak setuju atas suatu kondisi di lingkungan kerja dan masyarakat. 

Tips memilih jawaban: Untuk soal kompetensi manajerial sesuaikan dengan 8 indikator komptensi yang diharapkan. Sedangkan soal sosio-kultural pilihlah jawaban yang tegas untuk mendapatkan nilai maksimal. Pilih sangat setuju jika sesuai dengan yang diharapkan dan pilih sangat tidak setuju jika tidak sesuai.

Contoh soal: Teman Anda ditugasi sebagai bendahara BOS dan sesekali memalsukan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana untuk kepentingan pengeluaran sekolah yang tidak bisa dibuatkan SPJ. Sikap anda...

A. Sangat setuju

B. Setuju

C. Ragu-ragu

D. Tidak setuju

E. Sangat tidak setuju

Soal tes wawancara diantaranya berisi pertanyaan seputar sikap dan tindakan kita di lingkungan kerja dan kehidupan sehari-hari di masyarakat. 

Tips dari kawan: pilihan jawaban akan terlihat benar semua, pilihlah yang paling ideal.

Contoh soal: Di kampung yang anda tinggali, beberapa minggu ini sering ada kasus pencurian. Sebagian warga mencurigai pemulung yang sering mencari barang bekas di perkampungan anda . pada rapat warga RT bahas tentang rencana pemasangan papan bertuliskan “PEMULUNG DI LARANG MASUK” agar kasus pencurian tidak terjadi lagi. Apa pendapat anda terhadap rencana itu?

A. pemulung tidak identik dengan orang jahat dan belum tentu pencuri yang mencuri di perkampungan ini adalah pemulung

B. pemulung juga manusia dan berhak mencari nafka di mana saja termasuk diperkampungan yang kita tinggali

C. pemulung sangat berjasa membantu proses penilahan sampa plastic dan non plastic dalam rangkah melestarikan lingkungan

D. binatang saja tidak pernah di larang masuk di perkampungan, sangat tidak manusiawi jika manusia di larang masuk perkampungan

E. lebih baik melakukan kewaspadaan di setiap keluarga dari pada mencurigai pemulung sebagai pencuri

Soal kompetensi teknis sejumlah 100 soal, dengan komposisi soal kompetensi pedagogi di kisaran 30% dan soal kompetensi bidang sesuai mapel masing-masing sekitar 70%. 

Tips: pelajari soal-soal kompetensi bidang mapel masing-masing. Manajemen waktu sangat penting. Usahakan tidak lebih 1 menit untuk menjawab 1 soal. Hindari mengulang-ulang membaca atau mengerjakan karena akan kehabisan waktu.

Untuk soal pedagogi pelajari tentang kecakapan abad 21, 4C, HOTS, Taksonomi Blooms, Teori-teori belajar, sintaks model pembelajaran, penilaian.

Itulah tips dan trik mengerjakan soal tes seleksi PPPK Guru 2021 yang bisa saya bagikan. Jika ada informasi terbaru akan saya update di postinga ini. Semoga semuanya sukses dan dapat meraih apa yang menjadi cita-citanya. Amiinn.. 

Posting Komentar untuk "[Spoiler] Bocoran Soal PPPK Guru 2021 dan Pembahasan"