Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah yang Timbul pada Anak Akibat Kecanduan Main HP

Masalah yang Timbul pada Anak Akibat Kecanduan Main HP | Beberapa masalah yang sering muncul pada anak akibat kecanduan main gadget/HP, sebagai berikut :

1. Tidak peduli terhadap sekitar.

Biasanya anak-anak akan lebih peduli dan peka terhadap kejadian atau sesuatu yang ada dihadapannya. Namun karena gadget yang ada pada genggamannya lebih mengasyikan maka anak akan lebih peduli dan fokus pada gadgetnya.

Sering kali mengabaikan panggilan-panggilan teman, guru bahkan orang tuanya. Contohnya saat di kelas, seorang anak tidak mendengarkan apa yang gurunya ajarkan karena keasyikan dengan gadgetnya. Hal ini membuat anak menjadi tidak menghormati gurunya.

Masalah yang Timbul pada Anak Akibat Kecanduan Main HP

2. Hilangnya Sopan Santun Anak

Sikap anak memang harus di didik sedini mungkin, baik dan nakalnya sikap seorang anak bisa juga dipengaruhi oleh keadaan sekitarnya atau hal yang selalu dia lihat setiap harinya. Anak yang kecanduan gadget akan kehilangan sikap sopan santun-nya terhadap seseorang yang lebih tua darinya.

Hal ini dikarenakan situs-situs atau permainan-permainan yang ada pada gadgetnya bukan sesuatu yang mendidik, misalnya game perkelahian yang didalamnya terdapat bahasa-bahasa yang tidak pantas diucapkan anak se usia TK/SD.

Pada dasarnya anak-anak tidak tahu apa arti kata yang dia ucapkan, anak cenderung mengikuti apa yang dia lihat dan dia dengar. Hal ini membuat anak menjadi tidak sopan.

3. Perkelahian dengan temannya.

Perkelahian pada anak bukan hanya disebabkan oleh hal-hal yang lazim dan sepele. Film-film dan permainan yang mengandung unsur pertengkaran akan memicu anak untuk melakukannya dengan teman sebayanya.

Hal ini karena otak anak akan merekam kejadian-kejadian yang ia lihat dalam permainan atau film tersebut, hal ini memicu rasa penasaran anak sehingga anak akan menirukannya baik dengan temannya atau dengan dirinya sendiri.

4. Menurunnya Prestasi Anak

Kecanduan gadget juga memengaruhi prestasi anak, hal ini disebabkan oleh radiasi pada gadget yang akan mempengaruhi otak anak sehingga anak menjadi malas membaca dan lambat memahami apa yang guru sampaikan.

5. Kurangnya Bersosialisasi

Anak yang sudah kecanduan gadget akan merasa kesulitan untuk bersosialisasi dengan temannya.

Hal ini disebabkan oleh dampak negative dari penggunaan gadget yaitu anak akan bersifat individualisme, karena menurutnya bermain gadget lebih menyenangkan dibandingkan bermain dengan temannya.

Permainan yang ada pada gadget adalah permainan yang tidak akan ditemukan anak saat bermain dengan temannya, maka dari itu anak cenderung akan memilih bermain dengan gadget daripada temannya.

6. Menganggu Kesehatan Mata Anak

Anak yang terlalu sering memainkan gadget akan dengan mudah memakai kacamata, karena cahaya pada gadget sangat mempengaruhi kesehatan mata anak.

Banyaknya anak TK/SD yang sudah memakai kacamata minus bahkan minusnya bisa lebih besar dari orang dewasa, padahal bisa dikatakan usia anak TK/SD masih sangatlah muda untuk memiliki mata minus.

7. Kebiasaan Bullying

Semua orang pasti sudah tidak asing mendengar kata bullying, pada zaman ini bullying sudah menjadi hal yang lazim. Baik itu bagi orang dewasa atau anak-anak sekalipun.

Artikel lainnya:
Dampak Positif dan Negatif HP pada Anak
Akibat Kecanduan Gadget pada Anak
Durasi Ideal Penggunaan Gadget pada Anak
Usia yang Tepat untuk Mempunyai HP
Dampak Positif HP untuk Anak

Dikutip dari: https://indepnews.com/

Posting Komentar untuk "Masalah yang Timbul pada Anak Akibat Kecanduan Main HP"