Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan HP bagi Anak

Penggunaan HP bagi Anak SD, Positif atau Negatif? | Di abad kedua puluh satu ini anak-anak dihadapkan dengan era digital. Mereka seperti dilahirkan untuk menggunakan gadget. Sejak masih balita, anak-anak abad ini sudah terampil menggunakan gadget. Dengan jari-jari mereka yang mungil, mereka dapat  menggunakan gadget mulai dari bermain game, mengambil foto, hingga berselancar di dunia maya. Bahkan banyak orangtua yang merasa kalah dibandingkan anak-anaknya untuk urusan teknologi.

Gadget menjadi seperti kebutuhan pokok bagi manusia. Bagi sebagian orang hidup sehari saja tanpa gadget bagai sayur tanpa garam. Mulai dari anak-anak hingga orangtua semua mempunyai gadget. Penjual kuota data internet saat ini mulai menjamur untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap akses internet. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi gadget berpengaruh terhadap manusia.

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tentunya mengubah pola hidup masyarakat. Banyak hal yang dapat kita lakukan secara online. Kita dapat menggunakan aplikasi e-banking untuk bertransaksi dengan orang lain. Kita dapat menggunakan aplikasi toko online untuk membeli produk-produk yang kita inginkan. Kita juga dapat menggunakan gadget untuk memesan transportasi online. Bahkan pendataan di kantor-kantor pemerintahan sekarang juga berbasis online.

Dampak Pekembangan Teknologi


Banyak orangtua yang khawatir dengan anaknya di era digital seperti sekarang ini. Mereka khawatir jika anak-anaknya terkena dampak negatif dari kemajuan teknologi. Banyak kasus pornografi yang tersebar lewat media internet. Paham-paham radikal antitoleransi juga semakin menjamur di internet. Penipuan serta merebaknya berita bohong atau hoax pun juga ada di dunia maya. Pantaslah para orangtua merasa khawatir jika dampak-dampak negatif tersebut juga dialami oleh anak mereka.

Namun kita juga tahu bahwa banyak dampak positif era digital ini. Dengan adanya internet anak-anak dapat belajar kapan saja dari sumber mana saja. Jarak antar negara seperti tidak berarti. Kita dapat berkomunikasi dengan orang dari negara lain lewat media sosial di jaringan internet. Terdapat aksi-aksi sosial seperti penggalangan dana atau aksi bantuan yang dimulai dari media sosial. Orang-orang juga lebih mudah membuat karya seperti foto, musik, atau video lewat saluran internet.

Dampak Positif dan Negatif Penggunaan HP bagi Anak


Peran orangtua dan guru sangat diperlukan untuk mengarahkan anak-anak agar dapat mempergunakan teknologi secara bijak dan tepat sehingga anak mendapatkan manfaat yang positif. Hal-hal yang dapat dilakukan oleh orangtua dan guru adalah mengetahui konten yang diakses anak, membuat kesepakatan penggunaan internet, menggunakan internet untuk belajar, dan menggunakan software untuk menangkal situs berkonten negatif. Anak-anak harus diberitahu mengenai konten apa yang baik dan konten apa yang buruk. Anak-anak juga harus diarahkan untuk melaporkan apabila mereka menemukan konten-konten negatif. Dengan begitu maka anak akan dapat memilih sendiri konten-konten yang baik bagi mereka.

Penggunaan Gadget yang Baik Bagi Anak TK/SD


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini sulit dibendung. Tidak baik juga jika kita tidak memperbolehkan anak-anak kita untuk menjauhi teknologi. Jika kita mengajak anak-anak kita agar antiteknologi maka mereka akan ketinggalan zaman. Hal yang perlu kita lakukan adalah mendampingi mereka agar dapat menggunakan gadget untuk hal-hal yang positif.

Sudah saatnya gadget dimanfaatkan untuk belajar baik di sekolah maupun di rumah. Saat ini banyak sekali software aplikasi pendidikan yang dapat kita dapatkan secara gratis atau berbayar. Tentunya software aplikasi pendidikan tersebut bermanfaat untuk belajar anak-anak. Banyak juga pelatihan untuk membuat software aplikasi pendidikan. Guru diharapkan dapat membuat software aplikasi yang dapat mereka gunakan dalam pembelajaran.

Artikel lainnya:
Dampak Positif dan Negatif HP pada Anak
Akibat Kecanduan Gadget pada Anak
Durasi Ideal Penggunaan Gadget pada Anak
Usia yang Tepat untuk Mempunyai HP
Dampak Positif HP untuk Anak

Dikutip dari: https://www.kompasiana.com

Posting Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif Penggunaan HP bagi Anak "